Langsung ke konten utama

Logika dan Algoritma - Materi Simulasi dan Komunikasi Digital

LOGIKA DAN ALGORITMA ( SIMDIG )

Logika dan Algoritma


1.   Logika

Manusia adalah mahluk paling mulia, sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada semua mahluk selain manusia. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal pikiran, sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta meninggalkan yang tidak bermanfaat (mudarat).
Manusia merupakan mahluk yang mampu berpikir dan bernalar dengan baik. Sebagai mahluk yang berpikir, manusia memiliki dua ciri yang melekat, yaitu rasionalitas dan moralitas. Rasionalitas akan menuntun manusia untuk bertindak menurut pikiran dengan pertimbangan yang logis. Sedangkan moralitas akan mendorong manusia untuk berlaku sopan santun, sesuai dengan etiket atau norma yang berlaku. Namun, ketika manusia berpikir, kadangkala dipengaruhi berbagai kecenderungan, emosi, subjektivitas, dan berbagai hal lain yang menjadikan kita tidak dapat berpikir jernih dan logis, sehingga menghasilkan kesalahan berpikir dan pada akhirnya akan mengakibatkan kesimpulan yang salah (sesat).
Dalam setiap keadaan, seorang manusia membutuhkan pola pikir logis. Berpikir logis yaitu berpikir dengan cara yang benar/masuk akal dan sesuai dengan hukum logika.



Logika berasal dari kata λόγος (logos), yang bermakna hasil nalar yang diutarakan dalam kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat. Cabang filsafat yang lain adalah epistemologi, etika, dan estetika. Dalam pembahasan ini, logika tidak dijelaskan secara rinci, hanya digunakan untuk mempelajari bernalar sebagai kecakapan hidup, berpikir secara lurus, tepat, runtut, dan teratur, yang merupakan penerapan logika dalam kehidupan keseharian.
Logika merupakan materi yang dipelajari sampai kapanpun bahkan ketika manusia menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence)
Seseorang dapat mengungkapkan kebenaran berdasarkan penalaran logis. Dengan disertai bukti-bukti yang ada seseorang dapat menilai kebenaran pernyataan untuk akhirnya sampai pada pengambilan keputusan.
Logika disebut juga sebagai alat untuk menjaga dari kesesatan bernalar. Seseorang membutuhkan kemahiran bernalar logis, agar dapat menghasilkan kesimpulan yang benar.
Beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah mempelajari logika antara lain sebagai berikut.

a.   Menjaga supaya kita selalu berpikir benar menggunakan asas-asas sistematis.
b.   Membuat daya pikir menjadi lebih tajam, dan menjadikannya lebih berkembang.
c.   Membuat setiap orang berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi.
d.   Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.
Bagaimana dengan perbandingan otak kanan yang dominan lebih berwarna dan manusiawi, jika hanya lebih mengutamakan logika tanpa rasa, layakkah siswa diajarkan seperti robot dengan program dan perintah tanpa rasa? Dalam memberikan penjelasan akankah lebih baik moderat dan digambarkan dengan baik. Cara kerja otak lebih nyata jika divisualisasikan
Salah satu fungsi logika adalah sebagai alat untuk menarik kesimpulan. Kita dapat menggunakan alat ini setelah melakukan penalaran berdasarkan pernyataan-pernyataan benar (premis) yang ada. Penalaran untuk penarikan kesimpulan dibedakan menjadi dua jenis yaitu pola nalar deduktif dan induktif.
a.   Deduktif
Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang umum ke khusus. Contoh:
Umum                   Semua siswa SMK harus disiplin dan bertanggung jawab.
Khusus                 Sandi adalah siswa SMK.
Kesimpulan: Sandi harus disiplin dan bertanggung jawab.

b.   Induktif
Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang khusus ke umum. Contoh:
Khusus  Devi rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan. Khusus  Yuda rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan. Khusus  Tika rajin belajar, dia mendapat  hasil yang memuaskan.
Kesimpulan: Siswa yang rajin belajar akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

2.   Algoritma

Setelah mempelajari logika yang terkait tentang “bagaimana manusia berpikir dengan benar”, selanjutnya akan membahas tentang “bagaimana cara penyelesaian yang baik”.
Untuk mendapatkan cara penyelesaian yang baik dibutuhkan strategi atau langkah-langkah yang sistematis agar dapat memecahkan masalah dengan cara terbaik. Misalnya sebagai berikut.
Dina adalah seorang siswa SMK kelas X. Setiap hari dia pergi ke sekolah setelah melakukan sarapan. Pada suatu hari, ketika Dina akan sarapan, yang tersedia hanya nasi tanpa sayur dan lauk. Kemudian terpikir oleh Dina untuk membuat tumis tauge tempe dengan langkah-langkah sebagai berikut.


a.         Siapkan tauge, tempe, cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan bahan lain yang diperlukan.
b.         Iris bawang merah, bawang putih, cabai, dan lengkuas.
c.         Panaskan minyak dan masukkan semua irisan bahan.
d.         Goreng tempe sebentar.
e.         Tambahkan tauge, kecap manis, garam, dan sedikit air.
f.          Aduk hingga semua bumbu meresap.
g.         Cicipi rasanya. Jika terdapat rasa yang kurang tambahkan bumbu lain secukupnya.
h.         Tumis tauge siap dihidangkan.
Contoh di atas merupakan penyelesaian masalah dengan mengggunakan langkah-langkah penyelesaian masalah, yang dinamakan dengan algoritma.
Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang disusun menjadi urutan logis kegiatan untuk mencapai tujuan.
Setiap hari ketika seseorang melakukan aktivitas, akan memilih mana yang akan dikerjakan terlebihdahulu. Misalnya ketika bangun tidur, sarapan, bahkan ketika memakai pakaian di pagi hari. Algoritma yang baik merupakan tindakan yang benar dan masuk akal.
Terdapat berbagai bentuk cara untuk mengomunikasikan algoritma, antara lain menggunakan bagan alir, pseudo code, dan bahasa pemrograman. Bentuk algoritma yang mudah dibaca adalah menggunakan bagan alir.
Sumber :  buku simdig kels X kurikulum 2013

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UMPWR RUN 2025

  . KETENTUAN LOMBA LARI UMPWR 2025   Informasi Umum UMPWR RUN 2025 – PURWOREJO adalah lomba lari jalan raya dengan kategori 6,1K yang diselenggarakan oleh UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PUWOREJO. PENYELENGGARA DAN PANITIA PELAKSANA UMPWR RUN 2025 - PURWOREJO diselengarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purworejo.  A.    WAKTU PENYELENGGARAAN Waktu                         : Pukul 05.00-11.00 WIB Hari                             : Minggu Tanggal                       : 09 November 2025 B.     TEMPAT KEGIATAN DAN RUTE Tempat Acara : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PUWOREJO. ...

POPDA ATLETIK PURWOREJO 2025

JADWAL POPDA ATLETIK KEBUPATEN PURWOREJO 24, 25 dan 26 februari 2025   JADWAL LOMBA POPDA KABUPATEN PURWOREJO   SMP, MTs Sederajad   SESI PAGI   24 Februari 2025   Waktu Nomor Lomba Kategori Babak   07.15 JL 3000 M Putra Final   07.15 JL 3000 M Putri Final   07.15 Lompat Jauh Putra Final   07.15 Tolak Peluru Putra Final   08.00 Lompat Jauh Putri Final   08.00 Tolak Peluru Putri Final   08.15 1500 M Putra Final   0...

BHAYANGKARA FUN RUN POLRES PURWOREJO

  KETENTUAN LOMBA LARI 5K DAN 7K BHAYANGKARA FUN RUN POLRES PURWOREJO      Untuk menjamin kelancaran, keselamatan, dan sportivitas dalam pelaksanaan Lomba Lari 5K dan 7K, panitia menetapkan beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi oleh seluruh peserta. Harap membaca dan memahami seluruh poin di bawah ini sebelum mengikuti kegiatan lomba. Rute dan Hadiah Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Ketentuan Umum Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Istilah istilah Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Tata Tertib Pendaftaran Peserta Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Tata Tertib Kegiatan Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Hadiah atau Penghargaan Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Potential Winner Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Syarat Ketentuan dan Skema Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Tanggung Jawab Penyelengara Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Tanggung Jawab Panitia Bhayangkara Fun Run Purworejo Tata Cara Protes Bhayangkara Fun Run Polres Purworejo Tinda...